Resep Sukses Membangun Team

Membangun team


Ya…dalam artikel ini kami tidak akan terlalu banyak membahas bagaimana caranya membuat masakan yang enak atau teknik – teknik kuliner lainnya. Karena kami sadar kami lebih kompeten dalam menikmati masakan daripada memasaknya haha ðŸ™‚

Kutipan diatas kami tambahkan karena ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis,

sudah wajib Anda harus membangun team dan ketika membangun team Anda harus mampu menjadi leader atau pemimpin yang baik.
Jadi sebelum melangkah ke resep selanjutnya, kami akan mengajak Anda untuk lebih terorganized. hal pertama yang harus ditemukan adalah apa sesungguhnya tujuan dari bisnis restoran Anda, atau kami sering menyebutnya dengan istilah visi.

Ingat…visi harus mampu menginspirasi paling tidak menginspirasi diri Anda dan Team.

Kalau tujuannya supaya pemilik restoran kaya raya, mendapatkan profit yang banyak…bukan itu yang kami maksud.Ya…kami setuju profit itu penting dalm bisnis, tapi profit bukanlah tujuan dari bisnis, kami percaya profit itu hanya sebagai “bahan bakar” untuk satu tujuan yang lebih besar.
Anda mulai bingung? Yaa….berikut ini referensi visi klien kami.
“Mempengaruhi dan memberikan sumbangsih kepada Dunia melalui makanan yang luar biasa dan melalui nilai – nilai hidup yang baik.
-Restoran Manado – Sarang Oci-
atau
“Warisan Rasa Menggetarkan Dunia”
-Suplier Delicatessen, Balibel-
atau yang umum anda kenal yaitu visi McDonald’s menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia.
Nah dari visi ini juga akan mencerminkan jenis makanan, atau jenis layanan apa yang akan Anda berikan. Apakah fast food? fine dining? food court? cafe? lounge? terlebih lagi seperti apa team frontliner yang akan mewakili restoran Anda.
Bagaimana caranya membangun visi?
Baik…kita lanjutkan…
Pada bagian awal ini setelah menemukan visi, misi dan goal perusahaan baru kemudian Anda jabarkan kembali menjadi business plan, yang kemudian diterjemahkan ke dalam target tahunan, bulanan, mingguan dan harian.
Dari perencanaan diatas baru kemudian akan lebih jelas, menentukan profil team seperti apa yang anda perlukan. Mulai dari tingkat pendidikan, umur, skill khusus, atau bahkan hal detil lain seperti agama, asal daerah atau yang lainnya.
Jadi ada 5 poin penting yang perlu disiapkan dalam membangun team :
  • Leadership

  • Recruitment

  • Development

  • Communication

  • Assessment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==